Cara Membuat Email Gratis di Gmail.com

E-mail (Electronic Mail) adalah Surat Elektronik yang bisa di gunakan untuk mengirim pesan lewat internet. Namun saat ini kebanyakan pengguna bukan hanya sekedar memanfaatkannya untuk mengirim dan menerima pesan saja. Tapi sudah banyak yang menggunakannya untuk keperluan bisnis online (BO).

Memiliki satu atau beberapa Email sudah menjadi hal wajib untuk berkecimpung di dunia Internet, misalnya untuk daftar anggota di situs jual beli online, pembuatan blog / situs web, ataupun pendaftaran lain yang dilakukan secara online.

Nah, apapun alasan Anda untuk membuat E-mail, langkah membuatnya sama saja. Untuk posting saya kali ini adalah tentang bagaimana cara membuat Email lewat Gmail (Google Mail) secara gratis alias tanpa bayar.

Pada contoh disini, saya menggunakan komputer. Tampilan untuk Laptop dan Notebook akan sama seperti ini. Jika Anda membuatnya lewat HP / Ponsel mungkin akan sedikit berbeda.

Logo Gmail

LANGKAH 1

Mulai Mendaftar - Buka Situs Gmail di https://gmail.com
Setelah Anda berada di halaman utama Google Mail, silahkan isi semua data yang diperlukan. Sebagai contoh cara mengisinya, Anda bisa lihat gambar dibawah.
Gambar 1
Pada bagian Alamat email Anda saat ini silahkan di kosongkan saja. Hal ini karena Anda belum punya Email satupun. Tapi jika Anda sudah punya Email aktiv, sebaiknya kolom ini di isi dengan Email tersebut. Kegunaan dari pilihan ini adalah untuk reset password jika suatu saat Anda lupa kata sandi untuk login ke Email yang baru.
Setelah semua info yang diperlukan terisi, selanjutnya klik Langkah berikutnya
Setujui Privasi dan Persyaratan - Akan muncul sebuah layar pop-up baru. Sebelum melangkah lebih jauh, saya menyarankan kepada Anda untuk membaca terlebih dahulu Privasi dan Persyaratan tersebut. Ini adalah kebijakan yang harus di patuhi oleh semua pengguna Gmail, maka harap untuk mematuhinya.
Gambar 2
Setelah membaca Privasi dan Persyaratan tersebut, silahkan klik tombol SAYA SETUJU

LANGKAH 2

Verifikasi Nomor Telepon - Terkadang Google meminta kita untuk melakukan verifikasi kepemilikan nomor ponsel saat mendaftar. Jika benar begitu, silahkan tekan tombol Lanjutkan
Gambar 3
Ohya, jika Anda memilih menerima kode lewat Pesan teks (SMS), maka akan masuk sebuah pesan singkat ke ponsel Anda yang berisi teks dan angka konfirmasi.
Gambar 4
Tapi jika Anda memilih lewat panggilan suara, maka ponsel Anda akan menerima sebuah panggilan otomatis yang menyebutkan beberapa angka menggunakan bahasa inggris.
Gambar 5
Masukkan angka yang Anda terima ke bidang input, lalu tekan tombol Lanjutkan

Melakukan verifikasi nomor telepon seperti ini kadang tidak diperlukan. Jadi jika Anda tidak melihat tampilan seperti ini, maka akun Email Anda sudah selesai dibuat.

Pembuatan Email SelesaiUcapan selamat
Setelah semua langkah-langkah diatas terselesaikan, maka Anda telah resmi memiliki sebuah Email baru dari Gmail yang bisa untuk mengirim dan menerima pesan elektronik.