Cara Mengirim dan Melihat Pesan Masuk di Gmail

Setelah beberapa saat yang lalu kita sukses membuat Email baru di Gmail, kini saatnya belajar mengirim dan menerima pesan. Tapi sebelum itu, disini saya akan coba menjelaskan terlebih dahulu tentang beberapa fitur atau kegunaan dari setiap menu pada Gmail.

Saya disini membuka Gmail dari komputer dengan template HTML sederhana. Opsi ini bisa dipilih pengguna ketika mereka sedang online dengan koneksi internet yang cukup lambat, contohnya seperti koneksi di komputer saya ini.
Jika Anda pilih HTML Biasa, biasanya Anda akan di hadapkan oleh 2 menu yang menanyakan apakah Anda yakin untuk memuat Gmail dengan HTML biasa, atau beralih ke Tampilan standar (terbaru). Jika ingin cepat, silahkan pilih Muat HTML biasa.

Gmail Messages

Mengenal Fitur Gmail

tulis pesan
Tulis Email - Menu ini bisa digunakan untuk membuat pesan baru. Nanti didalamnya terdapat beberapa kolom, diantaranya:

1. Email penerima / kepada

2. Carbon-Copy (CC) - Di Indonesia sendiri, istilah "CC" digambarkan sebagai Tembusan / penerima email pasif, yang mana pesan dikirimkan ke beberapa orang sekaligus. Jadi, pesan Anda akan masuk ke inbox Penerima dan juga email pasif di kolom CC.

Contoh sederhana penggunaan kolom CC adalah untuk pihak terkait, antara saksi dan terdakwa sebagai tembusan, dan keduanya akan sama-sama mengetahui bahwa Email tersebut bukan hanya dikirimkan untuk dirinya.

3. Blank Carbon Copy (BCC) - Untuk BBC sebenarnya hampir sama dengan CC, yaitu sama-sama mendapat pesan oleh pengirim. Yang menjadi pembeda adalah "alamat email BBC tidak akan diketahui / dilihat, baik oleh penerima ataupun oleh CC". Yang bisa melihatnya hanyalah si pengirim dan BBC saja.

Intinya, BCC hanyalah salinan email yang dikirimkan ke email penerima yang alamat emailnya tidak akan muncul di pesan. Dalam penggunaan email sebagai sarana komunikasi, baik kolom CC maupun BCC menjadi sesuatu yang dianggap penting. Jadi, dengan mengetahui fungsinya, maka Anda dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Untuk menambah jumlah penerima, Anda dapat menyisipkan tanda koma (,) di setiap akhir Email. Tapi satu hal yang perlu Anda waspadai dari kolom CC dan BCC, jangan pernah berupaya untuk mengirimkan email SPAM, misalnya melakukan promosi secara masal ke banyak email, karena biasanya robot Google dapat mengindikasikan kecurangan Anda sehingga pesan tidak dapat terkirim.

4. Subjek / Judul

5. Lampiran - Fitur ini bisa digunakan untuk melampirkan file dan gambar.

Setelah bidang yang diperlukan terisi, selanjutnya klik tombol Kirim

Pada contoh ini, saya akan mengirim pesan ke alamat email (askedboss@gmail.com) dengan Subyek "Tes Kirim Pesan"

Kotak Masuk - Setelah saya mengirim pesan dari "emailsigit2016@gmail.com" ke penerima "askedboss@gmail.com" berikut ini adalah tampilan di Email penerima.
pesan masuk
Nah ini artinya, pesan email yang saya kirimkan ke askedboss@gmail.com telah terkirim.

Surat Terkirim - Tadi yang diatas, Kotak Masuk yang saya buka adalah yang di askedboss@gmail.com, dan untuk Surat Terkirim yang di emailsigit2016@gmail.com juga akan terlihat.

SPAM dan Berbintang - Google memberikan kita pilihan apakah kita harus menjadikan pesan email dari orang lain sebagai SPAM atau tidak. Email Spam kebanyakan dikirimkan secara masal yang kita sendiri tidak mengharapkannya. Anda dapat menandai pesan buruk tersebut ke folder SPAM, dan itu tidak akan muncul lagi di Kotak Masuk.

Sebaliknya, fitur Berbintang adalah opsi tambahan jika Anda tidak ingin melewatkan acara penting yang dikirimkan lewat Email. Pesan yang telah di tandai sebagai Berbintang juga akan muncul di folder Berbintang dan mendapat label bintang. Sehingga jika Folder Kotak Masuk telah banyak, pesan penting tersebut tidak akan terlindas di beberapa halaman terbawah.