Cara Membuat Website / Blog Gratis (Tutorial Lengkap Disertai Gambar)

Setelah sebelumnya kita belajar cara membuat email, sekarang kita menuju ke tahap selanjutnya, yaitu belajar membuat blog. Pastinya Anda tidak asing lagi kan dengan yang satu ini. Bukan hanya sekedar tempat untuk menyimpan dokumen secara online, tapi nanti kita juga bisa menjadikannya sebagai ladang uang.

Tapi untuk tahap pertama, jangan dulu kita pikirkan cara menghasilkan uang lewat blog, akan tetapi belajar cara membuatnya dulu. Setelah bisa membuat blog, step selanjutnya belajar mengoptimasi.

Membuat blog adalah pekerjaan yang mudah, bahkan untuk sobat kangsigit yang sangat GapTek (Gak Peka Teknologi) sekalipun pasti bisa membuatnya. Kenapa? Karena kali ini saya akan memandu Anda membuat blog dengan tutorial lengkap dan terstruktur. Selain itu, saya juga akan menambahkan gambar petunjuk yang akan semakin mempermudah dalam pembuatan blog.

Sudah siap? Pertama-tama pilih dulu hosting jagoan Anda. Kalau belum paham atau masih bingung, silahkan tentukan, mau menggunakan domain dari Blogspot, WordPress, MayWapBlog, atau yang lainnya.

Apakah cuma itu pilihannya? Tidak!
Saat ini ada banyak sekali layanan gratis yang bisa kita gunakan, tapi yang terpopuler ada 2, yaitu Blogspot dan WordPress. Sedangkan jika Anda membuka internet menggunakan Ponsel / Mobile, maka akan lebih tepat jika memilih MayWapBlog.

Namun hosting manapun pilihan Anda, tetap saja membutuhkan Email. Karena nanti proses pendaftaran selalu melibatkan Email sebagai tempat konfirmasi atau Verifikasi akun Anda.

Kegunaan lain yang tak kalah pentingnya selain sebagai proses pendaftaran, Email juga digunakan untuk melakukan reset password / kata sandi apabila suatu saat kita lupa password untuk login ke dashboard blog kita.

Jadi, sudahkan Anda memiliki sebuah Email?
Email merupakan surat elektronik, yang sering digunakan oleh pengguna internet. Meskipun jaman sekarang sudah banyak yang berkomunikasi di internet lewat jejaring sosial, namun Email masih tetap eksis untuk sebagian orang.

Untuk membuat Email, kita juga perlu menentukan, ingin membuat Email dari mana, apakah dari Gmail (Google Mail), dari Ymail (Yahoo Mail), atau developers lainnya.

Jika Anda masih sangat GapTek, saya akan dengan senang hati menyarankan Anda untuk membuat akun Email dari Google. Karena selain proses pendaftaran yang mudah, cepat, dan simple, Google juga merupakan Perusahaan Internet paling terkemuka sedunia.

Sangat banyak program, layanan dan fitur yang diluncurkan. Beberapa diantaranya yang sangat populer adalah YouTube, Blogger, Adsense, Drive, Book, dan Email. Dengan membuat Email gratis dari Google, maka kita tidak perlu repot-repot membuat email baru ketika hendak menggunakan produk-produk Google yang lain.

Jadi, apakah Gmail adalah pilihan Anda? Jika iya, maka Anda perlu membaca petunjuknya di halaman Cara Membuat Email di Gmail. Tapi, jika Anda ingin membuat Email dari Yahoo, silahkan lihat petunjuknya di Cara Membuat Email di Ymail!.

Pada tahap ini saya asumsikan Anda telah memiliki Email. Langkah berikutnya adalah membuat Blog. Saya yakin diantara sekian banyak pengunjung "blog.kangsigit.com" ada sebagian yang ingin membuat blog versi mobile, mungkin karena belum memiliki laptop / notebook atau belum ada fasilitas pelengkap, misalnya modem dan jangkauan internet yang tidak memungkinkan, maka pada posting ini, saya akan menunjukkan cara membuat blog dari 3 developer sekaligus. Silahkan Anda pilih mana yang menurut Anda paling mudah dan bermanfaat.

Cara Membuat Blog
MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT
Membuat Blogspot : Langkah 1 - Buka Blogger.com
- Anda harus masuk ke halaman pendaftaran, klik tautan diatas untuk mendaftar.
- Untuk pertama kali, Anda harus masuk / login.
- Masukkan Email dan password yang baru saja Anda buat sebelumnya, lalu klik Masuk.

Ingat! Hal ini membutuhkan Email. Jika Anda belum punya alamat Email, silahkan buat dulu. Caranya silahkan buka tautan diatas.

- Masukkan Email Anda
email
- Klik tombol Berikutnya

- Masukkan Password Anda
password
- Klik tombol Masuk

Untuk membuat blog yang pertama kalinya, Google akan meminta Anda untuk mengkonfirmasikan Profil Anda. Ada 2 jenis, "Profil Blogger" dan "Profil Google+". Jika ingin cepat, pilih saja Profil Blogger. Anda dapat upgrade ke Profil Google+ nanti jika menginginkannya.
buat profil
nama profil

Membuat Blogspot : Langkah 2 - Mulai Membuat Blog
- Klik tombol Blog Baru untuk menciptakan blog
blog baru

- Tulis Judul untuk Blog Anda
- Pilih nama subdomain atau alamat situs Anda
nama domain

Sebagai contoh, saya disini membuat Judul blog "Blog Tempat Curhat Aja" dengan alamat subdomain "curhatan-kangsigit", maka nanti hasilnya adalah "http://curhatan-kangsigit.blogspot.com"


Pada tahap ini kita sudah berhasil membuat blog gratis di Blogspot. Ingat ya sobat, blog kita memang menggunakan blogspot.com di ujungnya, tapi untuk posting tetap di http://blogger.com

Untuk cara posting dan menyesuaikan template akan kita bahas pada artikel selanjutnya, karena sekarang saya hanya akan berbagi informasi tentang cara membuat blog saja.

Anda mungkin perlu bantuan atau saran dalam menentukan nama domain. Kami punya tips untuk Anda.
Baca: Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Bersambung..
Mohon maaf karena penulis kehabisan waktu saat ini. Petunjuk pembuatan blog di Wordpress dan MyWapBlog akan dilanjutkan besok, tentunya masih tetap dihalaman ini.