Tips Memilih Nama Domain Situs / Website Untuk Pemula

TENTANG NAMA DOMAIN
Apa itu Nama Domain - Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk sebuah website atau blog. Fungsinya untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server. Selain itu, nama domain juga berguna untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, contohnya "www.kangsigit.com". Nama domain kadang-kadang disebut juga dengan istilah URL, atau alamat website.

Pentingkah nama domain itu?

Sebenarnya untuk alasan SEO, memilih nama domain yang tepat sangatlah penting. Hal ini dikarenakan nama domain bisa juga digunakan sebagai keyword untuk memperkuat bidikan. Misalnya nama domain Anda adalah "www.teka-teki.com", maka domain ini akan menjadi senjata tambahan untuk memperkuat keyword saat ada orang yang mencari "TEKA TEKI" di internet.

Apa itu SEO dan apa itu Keyword?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Artinya, sebuah langkah positif untuk memperkuat posisi artikel di mesin pencarian (Search Engine), misalnya di Google.com.

Keyword (Kata kunci) merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci untuk menggambarkan isi/konten keseluruhan web.
Cara Memilih Domain Jitu
KENALI DOMAIN ANDA
Menentukan Nama Domain - Menurut Nice
Anda harus bertanya ke diri Anda sendiri sebelum menentukan nama domain. Situs tentang apa yang akan saya buat? Apakah situs gado-gado yang memuat semua grup konten, atau yang lebih spesifik?

Hal ini sangat penting Anda renungkan mengingat nama domain adalah permanen. Permanen disini maksudnya tidak bisa di ubah, tapi halaman web bisa di alihkan (redirect). Ini sama saja dengan membuat blog baru yang bakal merugikan Anda. Sebab kekuatan situs akan dimulai lagi dari NOL.

Jika Anda belum menemukan bakat Anda, maka akan lebih cocok menggunakan nama domain gado-gado, jadi semua ide atau topik pembahasan bisa dimasukkan jadi satu. Gado-gado disini maksudnya adalah "tidak khusus", misalnya "www.kangsigit.com".

Sedangkan jika Anda berminat untuk membuat "website khusus", misalnya Anda jago memasak, dan Anda ingin mengisi situs Anda dengan resep makanan saja, maka akan lebih baik jika nama domain Anda terdapat kata-kata "memasak/resep/cook/koki", dll.

Kelebihan dan Kelemahan - Baik nama domain gado-gado/ umum dengan yang spesifik masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan untuk domain campuran adalah Anda memiliki topik yang lebih luas. Disaat pengen posting tentang masakan bisa, atau pas pengen ngepos tentang tutorial blog juga bisa, kapan sempatnya saja, itu adalah kelebihan situs gado-gado.

Sedangkan kelebihan situs yang membahas topik tertentu adalah: mendapatkan pengunjung yang relatif stabil. Hal ini disebabkan pengunjung menemukan situs yang hanya membahas tentang sesuatu yang kebetulan ia sukai, sehingga suatu saat akan membuka blog Anda lagi untuk melihat update selanjutnya.

Nah, untuk kelemahan atau kekurangan dari keduanya adalah: blog campuran akan relatif lebih kecil pengunjung tetapnya, sedangkan yang blog khusus akan sedikit kesulitan untuk membuat pos-pos baru jika kehabisan ide.
Jadi, setelah membaca pos ini, apa yang Anda pilih?