Tips Memilih Nama Domain Situs / Website Untuk Pemula

TENTANG NAMA DOMAIN
Apa itu Nama Domain - Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk sebuah website atau blog. Fungsinya untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server. Selain itu, nama domain juga berguna untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, contohnya "www.kangsigit.com". Nama domain kadang-kadang disebut juga dengan istilah URL, atau alamat website.

Pentingkah nama domain itu?

Sebenarnya untuk alasan SEO, memilih nama domain yang tepat sangatlah penting. Hal ini dikarenakan nama domain bisa juga digunakan sebagai keyword untuk memperkuat bidikan. Misalnya nama domain Anda adalah "www.teka-teki.com", maka domain ini akan menjadi senjata tambahan untuk memperkuat keyword saat ada orang yang mencari "TEKA TEKI" di internet.

Apa itu SEO dan apa itu Keyword?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Artinya, sebuah langkah positif untuk memperkuat posisi artikel di mesin pencarian (Search Engine), misalnya di Google.com.

Keyword (Kata kunci) merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci untuk menggambarkan isi/konten keseluruhan web.
Cara Memilih Domain Jitu
KENALI DOMAIN ANDA
Menentukan Nama Domain - Menurut Nice
Anda harus bertanya ke diri Anda sendiri sebelum menentukan nama domain. Situs tentang apa yang akan saya buat? Apakah situs gado-gado yang memuat semua grup konten, atau yang lebih spesifik?

Hal ini sangat penting Anda renungkan mengingat nama domain adalah permanen. Permanen disini maksudnya tidak bisa di ubah, tapi halaman web bisa di alihkan (redirect). Ini sama saja dengan membuat blog baru yang bakal merugikan Anda. Sebab kekuatan situs akan dimulai lagi dari NOL.

Jika Anda belum menemukan bakat Anda, maka akan lebih cocok menggunakan nama domain gado-gado, jadi semua ide atau topik pembahasan bisa dimasukkan jadi satu. Gado-gado disini maksudnya adalah "tidak khusus", misalnya "www.kangsigit.com".

Sedangkan jika Anda berminat untuk membuat "website khusus", misalnya Anda jago memasak, dan Anda ingin mengisi situs Anda dengan resep makanan saja, maka akan lebih baik jika nama domain Anda terdapat kata-kata "memasak/resep/cook/koki", dll.

Kelebihan dan Kelemahan - Baik nama domain gado-gado/ umum dengan yang spesifik masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan untuk domain campuran adalah Anda memiliki topik yang lebih luas. Disaat pengen posting tentang masakan bisa, atau pas pengen ngepos tentang tutorial blog juga bisa, kapan sempatnya saja, itu adalah kelebihan situs gado-gado.

Sedangkan kelebihan situs yang membahas topik tertentu adalah: mendapatkan pengunjung yang relatif stabil. Hal ini disebabkan pengunjung menemukan situs yang hanya membahas tentang sesuatu yang kebetulan ia sukai, sehingga suatu saat akan membuka blog Anda lagi untuk melihat update selanjutnya.

Nah, untuk kelemahan atau kekurangan dari keduanya adalah: blog campuran akan relatif lebih kecil pengunjung tetapnya, sedangkan yang blog khusus akan sedikit kesulitan untuk membuat pos-pos baru jika kehabisan ide.
Jadi, setelah membaca pos ini, apa yang Anda pilih?

Cara Membuat Website / Blog Gratis (Tutorial Lengkap Disertai Gambar)

Setelah sebelumnya kita belajar cara membuat email, sekarang kita menuju ke tahap selanjutnya, yaitu belajar membuat blog. Pastinya Anda tidak asing lagi kan dengan yang satu ini. Bukan hanya sekedar tempat untuk menyimpan dokumen secara online, tapi nanti kita juga bisa menjadikannya sebagai ladang uang.

Tapi untuk tahap pertama, jangan dulu kita pikirkan cara menghasilkan uang lewat blog, akan tetapi belajar cara membuatnya dulu. Setelah bisa membuat blog, step selanjutnya belajar mengoptimasi.

Membuat blog adalah pekerjaan yang mudah, bahkan untuk sobat kangsigit yang sangat GapTek (Gak Peka Teknologi) sekalipun pasti bisa membuatnya. Kenapa? Karena kali ini saya akan memandu Anda membuat blog dengan tutorial lengkap dan terstruktur. Selain itu, saya juga akan menambahkan gambar petunjuk yang akan semakin mempermudah dalam pembuatan blog.

Sudah siap? Pertama-tama pilih dulu hosting jagoan Anda. Kalau belum paham atau masih bingung, silahkan tentukan, mau menggunakan domain dari Blogspot, WordPress, MayWapBlog, atau yang lainnya.

Apakah cuma itu pilihannya? Tidak!
Saat ini ada banyak sekali layanan gratis yang bisa kita gunakan, tapi yang terpopuler ada 2, yaitu Blogspot dan WordPress. Sedangkan jika Anda membuka internet menggunakan Ponsel / Mobile, maka akan lebih tepat jika memilih MayWapBlog.

Namun hosting manapun pilihan Anda, tetap saja membutuhkan Email. Karena nanti proses pendaftaran selalu melibatkan Email sebagai tempat konfirmasi atau Verifikasi akun Anda.

Kegunaan lain yang tak kalah pentingnya selain sebagai proses pendaftaran, Email juga digunakan untuk melakukan reset password / kata sandi apabila suatu saat kita lupa password untuk login ke dashboard blog kita.

Jadi, sudahkan Anda memiliki sebuah Email?
Email merupakan surat elektronik, yang sering digunakan oleh pengguna internet. Meskipun jaman sekarang sudah banyak yang berkomunikasi di internet lewat jejaring sosial, namun Email masih tetap eksis untuk sebagian orang.

Untuk membuat Email, kita juga perlu menentukan, ingin membuat Email dari mana, apakah dari Gmail (Google Mail), dari Ymail (Yahoo Mail), atau developers lainnya.

Jika Anda masih sangat GapTek, saya akan dengan senang hati menyarankan Anda untuk membuat akun Email dari Google. Karena selain proses pendaftaran yang mudah, cepat, dan simple, Google juga merupakan Perusahaan Internet paling terkemuka sedunia.

Sangat banyak program, layanan dan fitur yang diluncurkan. Beberapa diantaranya yang sangat populer adalah YouTube, Blogger, Adsense, Drive, Book, dan Email. Dengan membuat Email gratis dari Google, maka kita tidak perlu repot-repot membuat email baru ketika hendak menggunakan produk-produk Google yang lain.

Jadi, apakah Gmail adalah pilihan Anda? Jika iya, maka Anda perlu membaca petunjuknya di halaman Cara Membuat Email di Gmail. Tapi, jika Anda ingin membuat Email dari Yahoo, silahkan lihat petunjuknya di Cara Membuat Email di Ymail!.

Pada tahap ini saya asumsikan Anda telah memiliki Email. Langkah berikutnya adalah membuat Blog. Saya yakin diantara sekian banyak pengunjung "blog.kangsigit.com" ada sebagian yang ingin membuat blog versi mobile, mungkin karena belum memiliki laptop / notebook atau belum ada fasilitas pelengkap, misalnya modem dan jangkauan internet yang tidak memungkinkan, maka pada posting ini, saya akan menunjukkan cara membuat blog dari 3 developer sekaligus. Silahkan Anda pilih mana yang menurut Anda paling mudah dan bermanfaat.

Cara Membuat Blog
MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT
Membuat Blogspot : Langkah 1 - Buka Blogger.com
- Anda harus masuk ke halaman pendaftaran, klik tautan diatas untuk mendaftar.
- Untuk pertama kali, Anda harus masuk / login.
- Masukkan Email dan password yang baru saja Anda buat sebelumnya, lalu klik Masuk.

Ingat! Hal ini membutuhkan Email. Jika Anda belum punya alamat Email, silahkan buat dulu. Caranya silahkan buka tautan diatas.

- Masukkan Email Anda
email
- Klik tombol Berikutnya

- Masukkan Password Anda
password
- Klik tombol Masuk

Untuk membuat blog yang pertama kalinya, Google akan meminta Anda untuk mengkonfirmasikan Profil Anda. Ada 2 jenis, "Profil Blogger" dan "Profil Google+". Jika ingin cepat, pilih saja Profil Blogger. Anda dapat upgrade ke Profil Google+ nanti jika menginginkannya.
buat profil
nama profil

Membuat Blogspot : Langkah 2 - Mulai Membuat Blog
- Klik tombol Blog Baru untuk menciptakan blog
blog baru

- Tulis Judul untuk Blog Anda
- Pilih nama subdomain atau alamat situs Anda
nama domain

Sebagai contoh, saya disini membuat Judul blog "Blog Tempat Curhat Aja" dengan alamat subdomain "curhatan-kangsigit", maka nanti hasilnya adalah "http://curhatan-kangsigit.blogspot.com"


Pada tahap ini kita sudah berhasil membuat blog gratis di Blogspot. Ingat ya sobat, blog kita memang menggunakan blogspot.com di ujungnya, tapi untuk posting tetap di http://blogger.com

Untuk cara posting dan menyesuaikan template akan kita bahas pada artikel selanjutnya, karena sekarang saya hanya akan berbagi informasi tentang cara membuat blog saja.

Anda mungkin perlu bantuan atau saran dalam menentukan nama domain. Kami punya tips untuk Anda.
Baca: Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Mengatasi File JS dan CSS Tidak Bisa Dibuka di Google Drive

Masalah - Selama ini banyak pengguna internet mengandalkan hosting gratis dari Google Drive untuk upload file penting, termasuk JavaScript, CSS, HTML, Gambar, Dokumen Doc, dan lain sebagainya.

Namun rupanya Google memperbarui kebijakannya, dengan mengurangi fitur ini, sehingga cara ini tidak bisa digunakan lagi. Padahal sudah banyak para blogger yang memanfaatkan layanan gratis untuk menyimpan dan berbagi file disana.

Akibatnya, banyak tutorial yang kacau, karena sebagian blogger selalu menyimpan file disana untuk dibagikan, dan kini ketika dibuka akan menampilkan halaman kesalahan.

404. That’s an error. The requested URL was not found on this server. That’s all we know.

SOLUSINYA
Pemecah Masalah - Jika Anda membutuhkan file ini, misalnya untuk widget blog, atau semacamnya, Anda dapat mendownload file tersebut, lalu menyimpannya langsung di dalam template.

Sebagai contoh, misalnya alamat file yang dibutuhkan adalah: "https://googledrive.com/host/0B7o9TnkCkhW5MjFGaUNlY2NFdEU", maka Anda perlu mengganti "https://googledrive.com/host/" dengan "https://docs.google.com/uc?id=".

Sehingga, hasilnya akan menjadi seperti ini:
https://docs.google.com/uc?id=0B7o9TnkCkhW5MjFGaUNlY2NFdEU
Jika ingin bukti, silahkan buka url tersebut di browser Anda, maka isi file akan terdownload. Semoga membantu..

JavaScript Sederhana Untuk Show Hide Banyak Content

Togle
JavaScript Show Hide - Ada banyak cara yang bisa kita pakai untuk menampilkan dan menyembunyikan objek dengan Script. Namun untuk cara sederhana-nya, saya akan lebih senang menggunakan JavaScript, karena ini tidak perlu menggunakan Framework layaknya jQuery.

Script ini bisa Anda terapkan untuk multi kontent dengan ID spesifik sebagai pembeda. Namun masih dengan Javascript yang sama. Artinya, berapa-pun jumlah konten yang ingin di sembunyikan, maka Anda hanya perlu menggunakan satu buah Javascript saja.

Langkah Pemasangan - Tempatkan kode sumber berikut kedalam BODY template blog.
<script type='text/javascript'>

function showHide(a) {
document.getElementById('button_' + a).style.display='none';
document.getElementById('content_' +a).style.display ='block';
}

</script>

- Kode berikut dipasang ke daerah yang mau ditampilkan konten showhide-nya, atau bisa juga diletakkan kedalam postingan blog Anda
<a href="javascript:showHide('1');" id="button_1">Tampilkan</a>
<div id="content_1" style="display:none;">Konten Tersembunyi Pertama</div>

<a href="javascript:showHide('2');" id="button_2">Tampilkan</a>
<div id="content_2" style="display:none">Konten Tersembunyi Kedua</div>

<a href="javascript:showHide('3');" id="button_3">Tampilkan</a>
<div id="content_3" style="display:none">Konten Tersembunyi Ketiga</div>
Keterangan:
Setiap ingin menambahkan tombol "Tampilkan" baru, wajib hukumnya menambahkan angka urut sesuai jumlah konten yang tersembunyi, atau silahkan buat seperti ketiga contoh diatas.